20 Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bahan Alami

20 Cara Menghilangkan Jerawat

Cara menghilangkan jerawat memang sangat sulit, karena tidak ada pengobatan yang dapat menghilangkan jerawat dalam waktu singkat. Semua pengobatan butuh perjuangan dan harus bersabar menghadapi proses panjang karena butuh waktu yang lumayan lama jika ingin sembuh dari masalah jerawat yang anda derita.

20 Cara Menghilangkan Jerawat

Jika ingin sembuh, maka siap-siap saja wajah rusak. Obat jerawat yang dapat sembuhkan jerawat sampai sembuh cepat adalah obat jerawat berbahaya yang mengandung bahan kimia. Jadi, daripada anda harus menggunakan obat berbahaya, lebih baik anda gunakan saja obat alami.

Berikut ini adalah 20 cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat secara alami dari bahan alami :

1. Madu

Sudah banyak orang-orang yang memanfaatkan madu untuk kecantikan, jadi dalam masalah jerawat pun maka sudah tidak perlu diragukan lagi. Madu ini memiliki zat antibiotik yang tinggi sehingga bermanfaat untuk membasmi jerawat di wajah. Madu ini dapat mempercepat penyembuhan serta dapat mencegah infeksi pada kulit.

Cara memanfaatkan madu ini diantaranya adalah :
  • Pertama anda harus bersihkan dulu wajah dengan air hangat, hal ini dilakukan agar pori-pori terbuka sehingga kotoran yang masuk ke dalam pori-pori bisa lebih mudah keluar.
  • Setelah itu anda keringkan wajah dengan handuk bersih atau tisu. Cukup di tepuk-tepuk saja, jadi jangan digosok.
  • Setelah itu oleskan madu pada wajah secara merata. Diamkan selama 1-15 menit.
  • Setelah kering bilas wajah dengan air sampai bersih. Bilas bersih sampai tidak ada madu yang tersisa di wajah.
  • Lakukan cara ini secara teratur dan rutin sebanyak 2-4 kali dalam seminggu supaya dapat hasil yang maksimal.

Memanfaatkan madu sebagai obat jerawat ini sangat mudah dan praktis. Anda juga bisa mencampur madu dengan bahan lain semisalnya dengan kayu manis.

2. Bawang Putih

Bawang putih ampuh untuk mengobati jerawat yang sukar dihilangkan. Bawang putih ini ada kandungan antibakteri dan antioksidan tinggi yang efektif hilangkan jerawat. Selain itu, bawang putih juga ada kandungan sulfur alami yang dapat dengan cepat membasmi jerawat membandel.

Cara memanfaatkan bawang putih untuk mengobati jerawat ini diantaranya adalah :
  • Pertama anda iris tipis 2-3 siung bawang putih.
  • Setelah itu anda tempel kan irisan bawang putih nya ke wajah yang berjerawat.
  • Diamkan selama 7-12 menit, setelah itu anda bilas dengan air bersih.
  • Lakukan cara ini setiap hari dengan rutin. Lakukan sampai jerawat hilang dan wajah bersih.

Cara di atas memang sangat sederhana. Tentu dengan sederhananya cara ini maka anda tidak perlu menghabiskan waktu yang lama. Anda juga bisa menjadikan bawang putih sebagai masker wajah. Cukup dengan tumbuk halus atau blender bawang putih sampai halus, setelah itu oleskan ke wajah dan jadikan masker wajah. Wasapada, jangan sampai kena mata karena perih.

3. Jeruk Nipis

Jeruk nipis ini dikenal sebagai bumbu dapur karena rasanya yang sangat segar apabila dipadukan dengan masakan berbumbu rempah khas Indonesia. Selain itu, jeruk nipis ini memiliki manfaat untuk menghilangkan jerawat di wajah. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis dapat bermanfaat meremajakan sel kulit dan membuat larut lemak di wajah.

Cara memanfaatkan jeruk nipis untuk atasi jerawat adalah :

Anda siapkan dulu jeruk nipis yang matang tapi jangan terlalu matang atau terlalu mudah, jadi yang pas saja. Peras airnya, kemudian anda campur dengan air hangat. Setelah itu basuh permukaan wajah sehingga merata, diamkan sampai kering dan cuci bersih wajah dengan air dingin.

Sebelum melakukan cara ini, ada baiknya anda bersihkan dulu wajah dengan air hangat supaya pori-pori wajah terbuka dan air jeruk nipis bisa bekerja secara maksimal pada wajah.

4. Mentimun

Mentimun bisa anda jadikan sebagai masker untuk menghilangkan jerawat yang meradang pada wajah. Cara ini cukup ampuh dan tanpa efek samping. Mentimun ini dapat bekerja sebagai anti peradanga, bermanfaat untuk membuat jerawat hilang, bahkan jerawat yang sudah meradang sekali pun.

Cara memanfaatkan mentimun untuk menghilangkan jerawat adalah :

Pertama anda iris mentimun segar, letakan irisan mentimun pada wajah dan diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air bersih. Cara lainnya adalah, blender mentimun sampai halus, setelah itu oleskan ke wajah berjerawat dan diamkan selama 30-45 menit setelah itu bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini secara rutin.

5. Daun Pepaya

Pada penelitian terbaru, ditemukan fakta bahwa pepaya bisa anda jadikan sebagai obat alami penghilang jerawat yang sulit sembuh. Di dalam pepaya terdapat banyak nutrisi dan antioksidan alami yang bisa menghilangkan jerawat.

Cara menghilangkan jerawat dengan daun pepaya adalah :
  • Anda siapkan daun pepaya yang sudah tua sebanyak 2 lembar saja. Setelah itu jemur daun sampai layu.
  • Kemudian tumbuh daun pepaya layu yang sudah dijemur tadi sampai halus. Setelah itu anda tambahkan sedikit air.
  • Setelah terlihat seperti pasta, anda oleskan pada wajah berjerawat secara merata dan diamkan selama 15-30 menit.
  • Setelah itu, bilas dengan air bersih.
  • Lakukan cara ini pada malam hari.

6. Gel Lidah Buaya

Lidah buaya ini sudah lama dikenal sebagai bahan alami yang mampu menghilangkan jerawat yang sulit dihilangkan. Zat aktif pada lidah biaya seperti gibberellin dan polisakarida ini dapat ampuh membunuh bakteri pada wajah.

Selain itu, kandungan antioksidan, mineral dan vitamin C serta E pada lidah biaya ini dapat mempercepat penyembuhan kulit berjerawat.

Cara menghilangkan jerawat dengan memanfaatkan gel lidah buaya adalah :

Cara pertama anda potong dulu lidah buaya jadi dua dan hilangkan semua duri sampingnya dengan gunting. Kemudian iris atas lidah buaya untuk diambil gelnya, setelah itu masukan ke dalam wadah. Anda haluskan dulu gel lidah buaya, setelah halus anda oleskan ke wajah berjerawat. Diamkan selama 3-5 menit kemudian bersihkan dengan air dingin.

7. Air Lemon

Di dalam lemon terkandung asam askorbat-L yang dapat mengurangi masalah peradangan pada kulit berjerawat dan mampu membersihkan semua kotoran yang menyumbat pori-pori wajah. Lemon ini dikenal sebagai pencerah kulit dan penghilang noda wajah.

Cara menghilangkan jerawat dengan memanfaatkan lemon caranya adalah, pertama anda peras dan air perasan lemon anda oleskan ke wajah berjerawat secara merata. Setelah itu diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air dingin dan keringkan dengan handuk. Lakukan cara ini secara rutin sekali dalam sehari.

8. Kentang

Di dalam kentang ada terkandung kalium, sulfur dan fosfor pada kentang yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Kentang ini mengandung antioksidan tinggi sehingga dapat cegah kerusakan sel dan dapat mempercepat proses penyembuhan infeksi jerawat.

Cara yang anda lakukan untuk memanfaatkan kentang sebagai obat penghilang jerawat adalah :

Anda kupas kentang dan parut sampai halus, setelah itu peras kentang sampai keluar airnya. Nah, air kentang ini anda oleskan ke wajah berjerawat secara merata, setelah itu diamkan beberapa menit sampai kering lalu cuci wajah dengan air biasa.

9. Kulit Pisang

Antioksidan pada pisang mampu melawan jerawat dan mengurangi minyak berlebih pada wajah. Kulit pisang ini bermanfaat untuk mengatasi iritasi dan gatal pada kulit berjerawat.

Kulit pisang bekerja mengangkat sel kulit mati sehingga dapat mencegah datangnya jerawat muncul karena penyumbatan minyak oleh sel kulit mati sudah teratasi dan mampu membuat kulit jadi cerah sehingga noda bekas jerawat pun memudar.

Cara mengolah kulit pisang untuk dijadikan sebagai obat jerawat alami adalah :
  • Pertama anda ambil kulit pisang yang berwarna kuning dan sedikit kehitaman, yang hitam bagus juga untuk mengobati jerawat.
  • Setelah itu, anda gosokan bagian dalam kulit pisang ke wajah sampai bagian dalam kulit pisang habis jadi berwarna kehitaman.
  • Kemudian lakukan lagi dengan kulit pisang yang baru.
  • Terus lakukan penggosokan selama 10 menit.
  • Setelah itu, anda biarkan wajah yang sudah digosok selama 1 jam atau 30 menit. Setelah itu anda bersihkan menggunakan air.
  • Lakukan cara ini setiap hari maka anda akan merasakan hasilnya. Kulit wajah jadi terlihat cerah dan noda di wajah pun memudar. Yang paling penting, masalah jerawat pun teratasi.

10. Kulit Jeruk

Vitamin C serta asam alpha hidroksi ada terkandung di dalam kulit jeruk dan memiliki manfaat untuk membersihkan wajah dari berbagai kotoran dan debu yang menyumbat pori-pori serta dapat juga mengangkat sel kulit mati.

Cara menghilangkan jerawat dengan memanfaatkan kulit jeruk adalah :

Pertama anda keringkan dulu kulit jeruk di bawah sinar matahari selama beberapa hari sampai kering. Setelah dijemur kering selama beberapa hari, anda haluskan lalu tambah air secukupnya saja. Aduk sampai rata sampai menjadi pasta. Nah, setelah itu anda oleskan ke wajah secara merata dan diamkan selama beberapa menit, setelah itu bilas dengan air hangat.

11. Putih Telur

Putih telur ini bisa anda manfaatkan untuk mengecilkan pori-pori dan mengrangi kadar minyak berlebih pada wajah. Putih telur juga mengandung enzim lysozyme yang dapat menghancurkan dinding sel penyebab jerawat. Selain itu, putih telur juga dapat menghilangkan komedo pada wajah.

Cara membuatnya cukup mudah, anda hanya perlu mengocok putih telur sampai mengembang kemudian oleskan pada wajah dan diamkan sampai kering. Setelah itu anda bilas dengan air hangat.

12. Alpukat

Alpukat ini mengandung banyak vitamin E yang mampu mengurangi peradangan pada kulit. Cara memanfaatkan alpukat untuk mengobati jerawat adalah :

Anda ambil daging dari buah alpukat dan masukkan ke dalam wadah. Setelah itu haluskan dan tambah satu sendok madu. Kemudian aduk sampai rata lalu jadikan masker wajah. Diamkan selama 20 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat.

13. Baking Soda

Akhir-akhir ini banyak beredar baking soda untuk mengatasi wajah berjerawat. Baking soda ini memang bermanfaat untuk menghilangkan jerawat karena mampu membasmi semua bakteri penyebab jerawat. Baking soda ini dapat mengikis sel kulit mati dan membuat wajah bersih dari semua kotoran yang menyumbat pori-pori wajah. Selain itu, kadar minyak berlebih pada wajah pun dapat berkurang dengan baking soda.

Cara memanfaatkan baking soda adalah :

Anda harus campur 2 sendok baking soda dengan satu sendok air. Setelah itu aduk dan oleskan pada area kulit wajah secara merata. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air hangat lalu keringkan.

Yang perlu anda tau dalam cara ini adalah, sebelum menggunakan baking soda anda harus cek dulu ke dokter apakah anda punya kulit sensitif atau tidak. Jika kulit anda sensitif, maka menggunakan baking soda bisa menyebabkan kulit kemerahan dan iritasi.

14. Tea Tree Oil

Tea tree oil adalah minyak pohon teh, merupakan bahan alami anti jerawat. Tea tree oil ini adalah minyak dari tanaman melaleuca yang berasal dari Australia.

Zat terpenoid ada terkandung pada tea tree oil dan zat ini mampu mengusir bakteri penyebab jerawat. Cara menghilangkan jerawat dengan tea tree oil adalah :

Anda campurkan 5 ml tea tree oil ke dalam 95 ml air. Setelah itu oleskan pada area wajah berjerawat dengan kapas. Lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali sehari.

15. Cuka Apel

Anda bisa mendapatkan cuka apel di supermarket. Anda gunakan cuka apel untuk menghilangkan jerawat di wajah anda. Di dalam cuka apel ada kandungan asam malat dan asam laktat yang mampu mengangkat sel kulit mati dan kandungan antioksidan tinggi yang mampu mengatasi masalah jerawat.

Cara menggunakan cuka apel adalah :

Anda campur 5 ml cuka apel dengan 15 ml air. Kemudian oleskan pada wajah dengan kapas. Diamkan selama 10 sampai 20 menit setelah itu bilas dengan air hangat. Untuk hasil maksimal, lakukan cara ini sebelum tidur dan diamkan semalaman.

16. Gula Murni

Gula murni ini mengandung AHA dan asam glikolat yang mampu membersihkan wajah dari sel kulit mati dan mampu menghilangkan jerawat beserta bekas nya juga. Gula ini mampu membunuh bakteri pada wajah karena dinding sel bakteri tidak akan tahan pada gula.

Cara memanfaatkan gula murni adalah :

Anda campurkan 2 sendok gula dengan satu sendok air. Setelah itu anda aduk rata sampai menjadi pasta. Kemudian anda oleskan scrub pasta gula tersebut ke wajah selama 15 sampai 20 menit. Setelah itu anda bilas dengan air hangat lalu keringkan.

17. Es Batu

Ada banyak yang sudah tau mungkin ada juga yang tidak tau kalau es batu ini bisa atasi masalah jerawat. Es batu kan dingin, jadi es batu ini bisa membuat pori-pori mengecil dan membuat sirkulasi darah pada area wajah jadi lancar. Selain itu, minyak berlebih pada wajah pun dapat berkurang sehingga bisa mengatasi masalah jerawat.

Cara memanfaatkan es batu sebagai obat jerawat adalah :

Bungkus es batu dengan kain bersih, kemudian tempel kan es batu yang dibungkus kait tersebut ke wajah dan tahan selama beberapa menit. Lakukan secara rutin sampai jerawat runtuh.

18. Pasta Gigi

Pasta gigi yang bagus untuk gigi, ternyata bagus untuk menghilangkan jerawat. Di dalam pasta gigi terkandung zat fluoride, triclosan, hidrogen peroksida yang mampu mengatasi jerawat dan mengurangi peradangan pada wajah.

Cara menggunakan pasta gigi untuk obat jerawat adalah :

Oleskan pasta gigi ke wajah yang berjerawat saja. Jadi jangan oleskan ke area kulit lain yang tidak berjerawat, cukup titik kulit yang berjerawat saja. Diamkan 2 jam atau semalaman, lalu bilas dengan air dingin dan keringkan.

Jika ingin menggunakan cara ini, maka anda harus pakai pasta gigi organik yang kadar fluoride nya rendah. Jangan terlalu sering menggunakan pasta gigi untuk atasi jerawat. Penggunaan pasta gigi yang berlebihan bisa merusak wajah.

19. Tomat

Tomat ini memang bagus untuk kulit dan sudah banyak orang yang memanfaatkan tomat sebagai perawatan kulit. Kulit jadi kencang dan halus jika rajin konsumsi tomat. Selain di konsumsi, anda bisa memanfaatkan tomat sebagai obat jerawat luar, karena kandungan vitamin A dan C pada tomat ini sangat baik untuk kulit.

Cara membuat obat jerawat alami dari tomat adalah :

Potong tomat jadi tipis-tipis lalu tempel kan ke wajah. Diamkan selama 10-15 menit. Lakukan cara ini secara rutin supaya jerawat cepat hilang.

20. Pepaya

pepaya itu mengandung enzim papain yang dapat mengikis sel kulit mati dan antioksidan serta vitamin pada pepaya bisa membuat kulit cerah alami dan mengatasi kemerahan pada kulit yang meradang karena jerawat.

Cara menghilangkan jerawat dengan pepaya ini adalah :

Bersihkan pepaya dan potong menjadi beberapa bagian. Setelah itu halus kan pepaya sampai menjadi bubur. Tambah madu dan lemon jika anda. Kemudian anda aduk sampai rata lalu oleskan ke wajah. Diamkan selama 15 menit dan setelah itu bilas dengan air hangat.

Jadi itulah 20 cara menghilangkan jerawat dengan memanfaatkan bahan alami yang mudah di dapat. Silakan anda lakukan cara di atas untuk menghilangkan jerawat yang anda derita. Semoga informasi bermanfaat untuk anda semua.

Baca juga :


Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

Seorang penulis bukanlah apa-apa tanpa kritikan dari pembacanya. Berkomentarlah dengan bijak yah :D ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment