Fungsi Limpa Yang Harus Anda Ketahui

Fungsi Limpa Yang Harus Anda Ketahui


Fungsi Limpa Yang Harus Anda Ketahui,- Limpa pada tubuh manusia berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh atau suplai darah. Limpa bekerja menghilangkan sel darah merah tua yang disebut eritrosit, dan kemudian digantikan oleh limfosit sel darah putih. Jadi jika ada sel darah merah yang rusak atau sudah tua, maka dengan adanya limpa akan digantikan menjadi limfosit sel darah putih.

Limfosit atau sel darah putih yang disimpan akan menghasilkan antibodi dan membantu dalam menghilangkan mikroba dan sampah lainnya dari suplai darah.

Berikut ini adalah beberapa fungsi limpa pada tubuh manusia :

  • Mengatur transfortasi cairan dan pengolahan makanan, cairan yang masih bermanfaat dan yang tidak bermanfaat akan dipisahkan oleh limpa.
  • Mengatur lancarnya jalan darah di pembuluh darah agar tidak terjadi pendarahan.
  • Limpa berfungsi sebagai pengekstrasi makanan menjadi nutrisi dan mengangkutnya ke bagian otot, menjamin kekuatan dan pengembangan otot serta anggota gerak, maka kuat lemahnya otot seseorang mencerminkan kuat lemahnya organ limpa yang dimilikinya.
  • Pada janin limpa berfungsi sebagai pembentuk sel darah merah.
  • Memisahkan sel darah merah yang sudah tua dan rusak.
  • Menghasilkan sel darah putih yang berfungsi sebagai antibodi atau kekebalan tubuh.
  • Penghancur leukosit dan trombosit.
  • Penyimpan dan pemecah sel darah dalam limpa.
  • Menyerap lemak dari usus kecil ke pembuluh getah bening usus.

Dari fungsi limpa di atas, maka sudah jelas kalau limpa berperan penting pada tubuh manusia. Jika terjadi kerusakan pada limpa, maka akan mengakibatkan gejala yang serius dan dapat merusak beberapa organ dalam tubuh lainnya karena rusaknya limpa, Jadi intinya jika limpa rusak maka kesehatan tubuh manusia pun akan terganggu.

Penyakit yang sering menyerang limpa adalah penyakit pembengkakan pada limpa, maka untuk mengobati nya adalah dengan mengangkat limpa yang rusak melalui proses operasi.

Tapi anda tidak perlu khawatir, karena sekarang sudah ada solusi yang dapat mengatsi pembengkakan limpa tanpa operasi. Anda bisa lihat informasi pengobatan nya dengan beralih ke artikel ini >> Obat Herbal Limpa Membengkak



Previous
Next Post »

Seorang penulis bukanlah apa-apa tanpa kritikan dari pembacanya. Berkomentarlah dengan bijak yah :D ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment