Masalah Kesehatan Yang Sebabkan Wanita Sulit Hamil

Masalah Kesehatan Yang Sebabkan Wanita Sulit Hamil

Masalah Kesehatan Yang Sebabkan Wanita Sulit Hamil,- Berikut ini adalah beberapa masalah kesehatan yang sebabkan wanita sulit hamil.

Masalah Kesehatan Yang Sebabkan Wanita Sulit Hamil

Pada tahun 2010, WHO mencatat 25% pasangan tidak berhasil memiliki keturunan dalam waktu satu tahun setelah menikah. Hal ini bisa dipicu dari kesehatan suami atau istri, sayangnya dari persentase itu, hanya 15% yang berobat. Disini kita gambarkan tiga gangguan kesuburan yang dialami wanita yang bisa menghambat kehamilan :

1. Penyumbatan telur atau saluran telur.

Tuba fallopi adalah dua saluran halus yang menghubungkan ovarium (ovarium) ke rahim, berukuran 7 cm - 14 cm. Jika tuba fallopi diblokir, maka telur yang harus disalurkan ke rahim akan berhenti karena blok. Obstruksi bisa terjadi di dasar, tengah atau ujung tabung.

Semakin ke basis, peluang keberhasilan terapi lebih rendah. Faktor yang menyebabkan penyumbatan adalah infeksi, endometriosis, penyakit radang panggul, operasi rongga perut atau rongga pelvis yang menyebabkan jaringan parut yang mengganggu saluran tuba, kehamilan di luar rahim dan kanker telur.

Cara mendeteksi penyumbatan tuba falopi adalah dengan Hysterosalpingogram (HSG) atau foto x-ray rahim. Pengobatan dengan terapi hidrotubasi atau 'tiup', yaitu memasukkan cairan ke dalam rahim dengan hidrotubator untuk menilai kelancaran masuknya cairan ke tuba falopi. Jumlah terapi tergantung pada tingkat keterikatan.

Baca juga : Obat Tuba Falopi Tersumbat

2. Endometriosis.

Endometriosis 'menyerang' 20% wanita subur berusia 25-44 tahun dan menyebabkan kemandulan. Endometriosis terjadi ketika selama menstruasi ada jaringan endometrium (dinding rahim) yang tidak larut tapi "berimigrasi" ke rahim melalui saluran telur. Di tempat baru, jaringan dilekatkan pada jaringan lain, menjadi lebih tebal dan tebal. Saat tumbuh di rahim bisa mengelupas dan keluar dengan cairan menstruasi atau menghancurkan sistem kekebalan tubuh. Tapi ada juga yang 'melayang' ke organ ovarium, usus besar atau kandung kemih, menimbulkan jaringan parut.

Pasien menunjukkan gejala seperti sakit perut kadang disertai kejang otot perut saat menstruasi, sakit pinggang, nyeri panggul, sakit perut seperti perut, BAB, vagina tebal, bintik merah jauh sebelum siklus menstruasi, hubungan seksual yang menyakitkan dan "banjir" saat haid. Untuk memastikan endometriosis, dokter melakukan pemeriksaan laparoskopi dan pengambilan sampel jaringan. Terapi berupa obat-obatan, pembedahan, kombinasi obat-operasi, hingga pengangkatan rahim.

3. Gangguan Maturasi Sel Telur.

Siklus menstruasi normal wanita adalah 28 hari, dihitung dari hari pertama menstruasi sampai awal periode menstruasi berikutnya. Setelah pubertas, wanita biasanya memiliki siklus menstruasi yang teratur. Siklus tidak permanen dapat diklasifikasikan ke dalam gangguan reproduksi, yaitu jika dalam 3 sampai 6 bulan tidak mengunjungi menstruasi.

Penyebabnya adalah ketidakseimbangan hormon karena stres, depresi, penyakit jangka panjang, olahraga berlebihan, diet ekstrem, atau kenaikan berat badan yang signifikan. Situasi ini bisa diatasi dengan mengendalikan penyebabnya semua.

Baca juga  :


Previous
Next Post »

Seorang penulis bukanlah apa-apa tanpa kritikan dari pembacanya. Berkomentarlah dengan bijak yah :D ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment